Pendidikan

5 Tips Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Cara meningkatkan semangat belajar pendidikankarakter.com

Setelah libur panjang dan saat pertama kembali lagi ke meja belajar, biasanya kebanyakan siswa merasa malas untuk belajar kembali. Mereka seperti kehilangan semangat belajarnya yang telah diambil oleh liburan-liburan yang menyenangkan. Tak masalah sebenarnya jika hanya sementara bersikap begini, namun jika terlalu lama kehilangan semangatnya tentu ini akan menjadi suatu msalah yang bisa merugikanmu.

Di artikel sebelumnya sudah dibahas tentang tips cara belajar yang efektif. Nah, di arikel kali ini akan membahas tentang tips sederhana cara meningkatkan semangat belajar yang bisa kamu lakukan. Yuk, mari kita simak.

1. Mengatur Jadwal Belajar

Cara meningkatkan semangatr belajar yaitu mengatur waktu

ict-enterprise.id

Mengatur waktu yang belajar itu mudah, namun komitmen untuk menjalankannya itu yang belum mudah. Ada baiknya kamu merencanakan apa yang akan dipelajari sehari sebelumnya. Kenapa harus begitu? Karena dengan cara seperti ini waktu kamu pada hari yang akan digunakan untuk belajar akan lebih efektif, kamu sudah siap dengan bahan-bahan pelajaran yang akan dipejari.

Kebanyakan orang kurang semangat belajar karena merasa bahwa belajar itu melelahkan, padahal sebenarnya tidak. Jika kamu pandai mengaturnya, kamu tak akan merasa capek yang ada malah enjoy menjalaninya karena semua sudah diatur diawal. Saat mengatur jadwal belajar, jangan terlalu memforsir diri kamu untuk belajar terlalu keras, namun sisipkan pula waktu untuk bermain atau istirahat didalamnya, sehingga kamu tidak cepat merasa capek dan bosan.

2. Fokus Lima Menit

Fokus Lima Menit membuat semangat belajar jadi meningkat

michaelleestallard.com

Bagian tersulit saat melakukan sesuatu yang positif adalah memulainya. Karena dibagian ini kamu akan mudah terpengaruhi dengan hal-hal yang menurut kamu lebih menyenangkan, namun sebenarnya hal-hal itu tidak ada manfaatnya sama sekali. Salah satu cara untuk memotivasi diri agar segera memulai, kamu bisa melakukan ide yang sangat efektif yaitu fokus lima menit.

Yang dimaksud fokus lima menit disini jadi kamu harus membayangkan hanya akan belajar selama lima menit saja. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu akan belajar dengan fokus dan serius hanya lima menit saja, setelah itu kamu akan berhenti belajar selama lima menit. Hal ini dilakukan agar semangat belajar meningkat, karena biasanya setelah lima menit pertama dijalani, kamu akan termotivasi untuk belajar lebih baik lagi dari limat menit yang pertama. Kunci melakukan ide ini adalah, kamu harus memastikan bahwa di lima menit pertama itu kamu benar-benar 100% fokus pada apa yang dipelajari.

3. Start atau Stop di Bagian Menarik

Start dan Stop dibagian yang menarik

skoda.co.uk

Ketika kamu ingin berhenti belajar untuk beristirahat sejenak, cobalah berhenti pada di bagian yang paling menarik. Hal ini dimaksudkan agar kamu merasa tertarik dengan apa yang kamu pelajari dan akan membuat rasa penasaran. Saat hadir rasa penasaran ketika belajar, itu akan membuat semangat belajar semakin besar dan belajar pun semakin menyenangkan.

4. Singkirkan hal-hal yang tidak diperlukan

Singkirkan yang tak diperlukan

homedit.com

Bila disekitar tempat belajarmu masih ada Handphone, TV, Majalah, atau sesuatu yang bisa memalingkan kamu dari buku yang sedang dipelajari. Maka singkirkanlah sejenak hal-hal itu saat kamu mau memulai Belajar. Dengan menyingkirkan hal itu, kamu akan bisa lebih fokus terhadap apa yang akjan dipelajari.

5. Tetapkan Tujuan

tetapkan tujuan dalam belajar

yusufprabu.wordpress.com

Kamu harus mempunyai tujuan yang jelas saat akan memulai sesuatu pelajaran yang baru. Ketika tujuan sudah ditetapkan, otomatis kamu akan lebih semangat menggapai tujuan itu dengan belajar lebih tekun dari biasanya. Bayangan rasa puas yang hadir ketika tujuan itu berhasil digapai tentunya semakin menambah semangatmu dalam belajar. Saat terpuruk pun, jika mempunyai tujuan yang jelas kamu akan tetap semangat hingga akhirnya bisa bangkit kembali. Itulah sebabnya, mengapa menetapkan tujuan akan meningkatkan motivasi dan semangat kamu dalam belajar.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>