Tips dan Trik

3 Faktor Penting yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Membeli Rumah

yoedha.com

Siapa bilang membeli rumah hanya butuh uang? Memang hal itu merupakan modal utama, tetapi tak selamanya hal tersebut menjadi yang utama. Kamu tidak boleh tergesa-gesa ketika membeli rumah, apalagi jika yang dibeli merupakan rumah pertama kamu. Oleh karena itu, pertimbangkanlah 3 faktor ini ketika kamu membeli rumah.

Alasan Membeli Rumah

Pastinya ketika memutuskan sesuatu, selalu ada alasan yang mendasarinya. Termasuk ketika kamu memutuskan untuk membeli sebuah rumah. Kamu tentu mempunyai tujuan kuat mengapa harus membeli rumah bahkan mungkin mengambil KPR. Bisa jadi untuk memenuhi kebutuhan keluarga, tempat berlindung keluarga atau bisa juga mencari rumah agar dekat dengan lokasi kantor serta sekolah anak-anak dan mungkin masih banyak yang lainnya.

Nah, alasan-alasan tersebut sebaiknya merupakan alasan yang kuat, bukan sekedar alasan yang mendikte keputusan kamu. Alasan-alasan ini pula yang mendasari jenis rumah yang akan dibeli. Perlu kamu perhatikan, berhati-hatilah ketika memilih. Pasalnya, pilihan yang kamu pilih tersebut berpengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan, kenyamanan dan juga konsekuensi yang lainnya.

Konsekuensi Pemilihan Rumah

Pilihan kamu mempunyai konsekuensi. Konsekuensi akan muncul setelah kamu menentukan jenis rumah dan lokasi yang diambil. Jika kamu membeli rumah bekas yang harganya lebih murah daripada yang baru, memang sih harganya lebih ekonomis, tetapi kamu harus memperhatikan kondisinya. Pastikan kamu tidak tertipu dan malah rugi karena ketika sudah membeli ternyata terdapat kerusakan di beberapa bagian sudut rumah. Hingga akhirnya kamu harus membayar dan mengeluarkan uang lagi untuk biaya renovasi.

Sementara itu, kamu juga harus mempertimbangkan baik-baik ketika membeli rumah baru. Pastikan pengembang rumahnya harus berpengalaman dan terpercaya, selain itu lokasinya harus strategis dan dekat dengan fasilitas publik. Sebaiknya sebelum memutuskan membeli rumah, kamu harus mempelajari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan rumah yang dipilih.

Baik itu membeli rumah bekas atau rumah baru, di pinggir kota atau di tengah kota, atau juga ketika kamu melihat sebuah iklan yang bertuliskan : rumah dijual di Jakarta, pastilah semuanya itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jadi, apapun pilihan kamu, pastikan kamu mengetahuinya sebelum memutuskan untuk membeli dan tinggal di rumah tersebut.

Kesiapan Finansial

Setelah kamu siap secara psikologi, barulah kamu mengenali kondisi finansial. Sudah berapa banyak modal atau dana yang terkumpul untuk membeli rumah. Baik itu dari tabungan, modal bergerak dan modal tidak bergerak yang sudah dimiliki, kesanggupan membayar dan besaran penghasilan. Semua itu akan berpengaruh pada surat-surat, pajak serta ketentuan lain yang harus kamu penuhi.

Kamu juga bisa mengajukan KPR setelah tahu dan menelusuri berapa besar kemampuan finansial kam dan juga ketika kamu sudah mengantongi ukuran rumah yang akan dibeli beserta harganya. Supaya keuangan lebih terarah, kamu dapat berkonsultasi dengan konsultan finansial di Bank ataupun lembaga keuangan yang menawarkan fasilitas KPR.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    Membeli rumah memang seperti mencari jodoh yaa.. gak bisa sembarangan, tp klo bisa cepat ambil keputusan, sharingnya di posting ini cukup membantu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>