Trik Komunikasi Efektif dan Efisien

11 Teknik Berkomunikasi Yang Efektif Dan Efisien

Tak dipungkiri, komunikasi menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam perjalanan kesuksesan seseorang. Kemampuan berkomunikasi dan keterampilan membina relasi sangat diperlakukan buat siapapun itu yang ingin mendambakan kesuksesan. Namun, masih banyak orang yang tak tau bagaimana cara komunikasi yang efektif itu seperi apa. Lantas, bagaimana teknik berkomunikasi yang efektif dan efisien? Yuk mari simak artikel berikut.

1. Selalu Antusias

Beri kesan pada lawan bicaramu bahwa kamu antusias saat berbicara padanya, dengan memberikan antusaismu pada lawan bicaramu, mereka menganggap bahwa kamu peduli dan mereka merasa dihargai keberadaannya. Dengan bersikap antusias pun membuat perasaan mereka lebih percaya diri dan positif. Dengan begitu, lawan bicaramu akan lebih terbuka terhadapmu dan sangat mungkin akan terjadi percakapan yang sangat hangat karena mereka merasa nyaman dengan sikapmu yang antusias.

2. Ajukan Pertanyaan Seputar Minat Mereka

Ajukan Pertanyaan, komunikasi Efektif
hipwee.com

Langkah selanjutnya yaitu ajukanlah kepada mereka pertanyaan tentang minat dan kesukaan mereka, dengan menanyakan pertanyaan seperti itu kamu pun akan lebih tau mengenai kehidupan mereka, serta tentu memperoleh perspektif baru tentang kepribadian dan tujuan hidup mereka.

3. Beradaptasi dengan Bahasa Tubuh dan Perasaan Lawan Bicaramu

Bahasa Tubuh, Komunikasi Efektif
wajoo.blogspot.com

Cobalah beradaptasi dengan lawan bicaramu, salah satunya dengan cara mengamati bahasa tubuh dan nada suaranya, rasakan bagaimana perasaannya ketika berkomunikasi denganmu. Dari sudut pandang ini, kamu dapat menyesuaikan dengan bahasa tubuh, kata-kata, serta nada suaramu sehingga mereka akan merespon lebih positif saat kamu berkomunikasi dengannya.

4. Katakan Apa Yang Kamu Kagumi Dari Lawan Bicaramu

Kagum pada lawan bicara, Komunikasi Efektif
www.kesekolah.com

Kejujujuran dan ketulusan adalah hal terpenting untuk membina sebuah hubungan. Saat bertemu lawan bicaramu, katakanlah dengan jujur apa yang kamu kagumi dari dia, katakanlah dengan tulus. Lalu beritau kenapa alasan kamu mengaguminya. Jangan mengada-ada ketika memberikan pujian, karena ketulusan itu akan terasa sampai ke hati.

5. Jadilah Pendengar Yang Baik

Pendengar yang Baik, Komunikasi yang Efektif
duniatraining.com

Jadilah pendengar yang baik, maka lawan bicaramu akan respect kepadamu. Jangan terlalu fokus pada apa yang akan kamu katakan selagi berkomunikasi padanya, namun dengarkanlah pula setiap perkataan yang mereka katakan dengan seksama. Jawablah dengan relevan setiap pertanyaan yang mereka ajukan, itu menandakan bahwa kamu benar-benar sudah mendengarkan apa yang mereka katakan dengan perhatian yang baik. Namun terkadang dalam berkomunikasi ada juga orang yang tak membutuhkan jawaban, mereka hanya butuh didengarkan. Seseorang yang merasa didengarkan dengan baik saat mereka berbicara, akan merasakan kenyamanan saat berkomunikasi dengannya.

6. Kontak Mata Yang Pas

Kontak Mata, Komunikasi Efektif
www.tempo.co

Kontak mata yang kuat dengan lawan bicaramu mengkomunikasikan kepadanya bahwa kamu tidak hanya terpikat oleh dia tetapi juga menunjukkan bahwa kamu bisa dipercaya. Ketika kamu menatapnya secara tak berlebihan, dia pun akan menganggap kamu sebagai orang yang percaya diri karena kesiaan kamu untuk menatap matanya secara langsung. Akibatnya, lawan bicaramu akan secara alami lebih memperhatikan apa yang kamu sampaikan.

7. Ungkapkan Diri Sendiri Secara Terbuka

Memperkenalkan Diri, Komunikasi Efektif
intanhikari.blogspot.com

Jika kamu ingin mendapatkan kepercayaan orang lain, salah satu caranya ialah dengan cara mengungkapkan diri seterbuka mungkin. Karena ketika kamu bercerita tentang diri sendiri, pastikan apa adanya jangan ada yang dilebih-lebihkan. Biarkan dia mengetahui dirimu lebih dalam seiring waktu berjalan.

8. Berikan Kesan Bahwa Kamu Berdua Berada di Tim yang Sama

Buat Tim, Komunikasi Efektif
professionalimage.wordpress.com

Saat berkomunikasi, gunakan kata-kata seperti “Kami atau Kita” untuk segera membangun sebuah ikatan. Bila kamu menggunakan kata-kata tersebut, kamu membuat posisi antara kamu dan dirinya seperti dalam sebuah tim, dengan begitu jarak diantara kamu dan dirinya semakin dekat, sehingga komunikasipun semakin lancar.

9. Berikan Senyuman Terbaikmu

Berikan Senyum Terbaikmu, Komunikasi Efektif
duniaprofesional.com

Ketika kamu tersenyum pada lawan bicaramu, kamu menyampaikan pesan bahwa kamu menyukai dia dan kehadirannya pun membawa kebahagiaan. Jika kamu yang mengawali senyum pada dia, yakinlah diapun akan tersenyum balik kepadamu, tentu ini sangat baik sekali dalam hal berkomunikasi.

10. Memberi Saran Bermanfaat

Ketika berkomunikasi tentu kedua belah pihak pasti mempunyai suatu tujuan, misal seperti ingin mengetahui informasi dari lawan bicara, ingin mengenal lebih dalam, ataupun membicarakan sebuah proyek bersama. Nah sebisa mungkin, kamu harus bisa memberi saran yang bermanfaat ketika saling berkomunikasi baik dia bertanya duluan atau pun tidak. Saat kamu sering memberi saran ataupun informasi yang bermanfaat kepada dia, tentu ini akan menimbulkan rasa nyaman lawan bicaramu, sehingga untuk selanjutnya dia pun tak sungkan untuk berkomunikasi lagi denganmu.

11. Sebut Nama Lawan Bicara dengan Baik

Ketika kamu menyebut nama lawan bicaramu saat berkomunikasi, percayalah dia serasa lebih dihargai dan sisi emosional dia akan lebih terikat denganmu. Namun hal yang perlu disadari, kamu harus tau kapan waktu yang tepat dan bagaimana cara mengucapkan namanya sehingga sebutan yang kamu ucapkan nyaman di telinganya. Hal yang harus kamu ketahui juga, ketika kamu menyebut nama dia lebih menyentuh dibanding dengan orang yang sudah dia kenal, dia akan menemukan bahwa kamulah yang paling bekesan dalam benaknya.

Leave a Comment