Pendidikan

10 Tips Cara Belajar Efektif yang Perlu Kamu Ketahui

tips cara efektif belajar anggifernadi.blogspot.com

Menemukan cara belajar yang efektif memang perlu proses. Pastinya akan berbeda cara belajar antara satu individu dengan individu yang lainnya sehingga diperlukan pengamatan sekaligus menganalisa untuk mengetahui metode mana yang pas untuk individu itu. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih efektif dalam menangkap ilmu. Lalu apa saja tips tersebut? Berikut 10 Tips cara belajar yang efektif yang perl kamu ketahui.

1. Belajar dengan Orang Lain

Cara Belajar Efektif, Belajar Bersama

habegraphy.com

Belajar dengan anggota keluarga atau sahabatmu mungkin bisa menjadi salah satu poin penting yang bisa mempermudah kamu dalam menyerap bahan pelajaran dengan efektif. Salah satu kelebihan metode ini yaitu kondisi dimana kamu bisa mendiskusikan suatu materi. kamu juga bisa saling bertanya jawab, bertukar pikiran, atau mungkin bisa saling mengajari untuk memecahkan soal-soal yang ada dalam buku tugasmu.

Satu hal yang harus kamu waspadai, belajar berkelompok tidak akan sama sekali berguna jika orang-orang didalamnya tidak fokus dan serius terhadap materi yang akan dipelajari. Lalu biasakan juga, untuk tidak mengandalkan satu orang saja dalam menjawab soal-soal yang tersaji saat belajar bersama.

2. Buat Flashcard

Cara Belajar Efektif, Flash Card

teachingninja.wordpress.com

Tips selanjutnya agar belajar lebih efektif yaitu dengan membuat “Flashcard”. Flashcard yaitu sebuah media atau sarana yang sudah populer untuk membantu kamu mengingat-ingat point tertenu dalam sebuah materi. Cara menggunakannya yaitu kamu bisa memotong-motong kertas seukuran kartu remi, sesuai jumlah yang kamu butuhkan. Disisi yang pertama, kamu bisa menuliskan sebuah pertanyaan, dan disisi yang kedua kamu menuliskan jawaban dari pertanyaan tersebut. Bawalah selalu flashcard kemanapun kamu beraktivitas, atau bisa juga dengan menempelkannya dikamarmu. atau dimana saja ditempat yang mudah terlihat, sehingga setiap saat kamu bisa melihat materi yang sedang dipelajari. Sehingga proses belajarpun akan terasa menarik dan menyenangkan dengan menggunakan flashcard ini.

3. Bersihkanlah Meja Belajarmu dari Hal-Hal yang Tidak di Perlukan.

Cara efektif belajar, Meja Belajar

homedit.com

Jangan sampai benda-benda yang bisa mengalihkan perhatianmu berserakan di meja yang akan kamu gunakan untuk belajar. Singkirkanlah handphone, laptop, atau apapun yang bisa menggangu konsentrasimu ketika belajar. Pastikan juga alat tulis dan buku yang akan digunakan tidak jauh dari jangkauanmu. Ingatlah, kebanyakan penyebab kegagalan belajar yang efektif yaitu terlalu banyaknya hal-hal yang bisa mengalihkan fokusmu pada materi yang sedang dipelajari. Ketika kamu bisa menjauhi hal-hal yang bisa mengalihkan perhatianmu, maka kamu akan lebih bisa berkonsentrasi dan mudah untuk menyerap materi.

4. Belajar dengan Kata Kunci.

Berpikir dengan konsep kata kunci

esensi.co.id

Selalu Pelajarilah sesuatu dari hal-hal yang terpenting, dengan menggunakan konsepo kata kunci. Contohnya ketika kamu mempelajari tentang Internet Marketing, pelajari dulu jenis-jenis Internet Marketing, seperti: SEO, Google Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya. Setelah kamu memegang kat kunci dan konsep-konsep penting dalam sebuah pelajaran, baru kamu mulailah mencoba memahami pengertian dari point-point penting yang sebelumnya kamu pelajari. Dengan menggunakan cara ini, kamu akan sangat tgerbantu karena belajar lebih efisien dan sistematis.

5. Minum Air Putih.

Cara belajar efektif, Minum Air Putih

cwacwa.com

Dengan selalu meminum air putih ketika belajar, tubuhmu akan selalu merasa segaih. Tentunya ini akan semakin membantumu untuk berkonsentrasi ketika belajar. Disaat kamu mulai merasa kehilangan konsentrasi, bosan, atau mata lelah, segera minumlah air putih agar konsentrasimu kembali seperti semula.

6. Bagi Periode Belajar dalam Beberapa Sesi.

cara belajar Efektif, bagi dalam beberapa sesi atau periode.

kl1213.blogspot.com

Tips selanjutnya yaitu dengan membagi periode belajar dalam beberapa sesi, hal yang satu ini sangatlah penting namun sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Dalam pola belajar ideal, kamu tidak boleh berhadapan buku atau laptop terlalu lama tanpa diselingi aktifitas apapun.

Contohnya waktu belajar kamu 2 jam dalam sehari, dalam 2 jam itu bagilah menjadi beberapa sesi, misal dalam satu sesi terbagi menjadi 30 menit waktu untuk belajar dan 10 menit waktu untuk istirahat, maka ketika sudah mencapai batas waktu 30 menit, kamu harus menghentikan aktifitas belajarmu dan seegralah beristirahat. Dan ketika waktu istirahatmu selesai, maka bergegaslah untuk belajar kembali.

7. Belajarlah Saat dalam Kondisi Paling Bugar.

Belajar saat kondisi bugar, Cara efektif belajar

pendidikankarakter.com

 

Cobalah belajar ketika kondisi badanmu sedang sangat bugar, contohnya ketika bangun tidur pagi, selepas tidur siang, atau sehabis mandi. Saat kondisi tubuhmu masih segar, otomatis pikiran akan fresh dan kamu akan sangat mudah dalam menyerap materi. Misal, biasanya kamu dalam mempelari suatu materi dibutuhkan sekitar 3-4 kali membaca sebelum kamu bisa memahaminya, namun ketika kondisi tubuh sedang bugar, kamu hanya perlu 2 kali atau bahkan mungkin sekali baca untuk memahaminya.

8. Cari Tempat yang Nyaman.

Belajar di Tempat Nyaman, Cara efektif mudah untuk belajar.

zainiarrosyid.wordpress.com

Belajarlah ditempat yang membuatmu nyaman, bersih dan terhindar dari suara-suara berisik. Hal ini tentu akan sangat membantumu untuk bisa lebih fokus pada apa yang akan dipelajari dan tentunya materipun akan lebih mudah meresap kedalam ingatanmu. Jangan memaksakan diri untuk belajar dalam kondisi yang tidak nyaman seperti ruangan yang kotor ataupun kamar yang berantakan, karena itu sama saja membuang waktmu karena pelajaran tidak bisa diserap secara utuh.

9. Sediakan Cemilan.

Belajar sambil ngemil, cara efektif belajar

fakesweetgirl.blogspot.com

Selama tidak membuatmu terlalu kenyang, makan cemilan ternyata terbukti ampuh untuk bisa meningkatkan daya konsentrasi. Ketika kamu merasa bosan dan konsentrasi menurun, ambilah beberapa cemilan dan luangkan waktu sekitar 2-3 menit untuk memakannya. Setelah selesai, dijamin kamu akan merasa lebih fresh.

10. Buat Sesuatu yang kamu Pelajari terlihat Menarik.

Sesulit apapun pelajaran akan terasa mudah jika dalam proses belajarnya dibuat semenarik mungkin. Contohnya dalam mempelajari pelajaran matematika, cobalah dalam proses belajarnya segala materi atau soal-soal dibuat seperti cerita, sehingga kamu takkan bosan dan tak akan terpaku pada rumus-rumus atau deretan-deretan angka saja. Jika dibutuhkan, carilah video-video yang berhuhungan dengan materi yang akan dipelajari untuk membuat proses belajar lebih menarik dan mudah dipelajari.

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>