Gurun Antartika Terluas di Dunia

10 Gurun Terluas di Dunia

Banyak yang mendefiniskan gurun merupakan suatu daerah yang curah hujannya sangat rendah bahkan kurang dari 250mm per tahun. Sedangkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), gurun diartikan sebagai padang luas yang tandus dan gersang. Sekitar 1/3 dari daratan di muka ternyata gurun. Berdasarkan lokasi dan lintas keberadaannya, gurun dapat digolongkan menjadi empat tipe gurun yaitu Gurun Pantai Dingin (Cool Coastal Deserts), Gurun Musim Dingin (Cold Winter Deserts), Gurun Kutub (Polar Deserts), dan Gurun Subtropis (Subtropical Deserts) .

Kebanyakan orang berpendapat gurun hanya berupa pasir dan batu-batuan, namun ternyata ada juga gurun yang berupa es. Gurun terluas di dunia ini adalah Gurun Antartika. Untuk lebih mengetahui gurun-gurun terluas di dunia. Yuk, mari kita simak artikel berikut ini.

1. Gurun Antartika

Gurun Teruas di dunia. Gurun Antartika
americaherald.com

Gurun Antartika ini memiliki lua sekitar 14.000.000 km² (5,5 juta mil persegi) yang menjadikan gurun ini sebagai gurun yang terluas di dunia. Gurun Antartika ini ditutupi oleh es yang sangat dingin sehingga suhunya bisa mencapai -85° sampai -90° celcius di musim dingin dan ketika dimusim panas akan lebih tinggi 30° dari musim dingin.

2. Gurun Sahara

Gurun Sahara terdapat di Afrika
hdwallpapers.in

Gurun Sahara sudah berusia 2,5 juta tahun dan terletak di utara afrika, mempunyai luas sekitar 9.000.000 km² . Gurun ini membentang dari samudera Atlantik sampai laut merah. Dari Mauritania di sebelah barat sampai ke Mesir  di sebelah timur. Dari laut tengah di utara sampai ke Sahel yang berada di selatan. Gurun inipun membagi benua Afrika utara dan Afrika selatan yang sejatinya kedua bagian benua ini sangatlah berbeda, baik dari segi iklim ataupun budayanya.

3. Gurun Arabia

Gurun Arabia salah satu gurun terluas di dunia
hdmessa.files.wordpress.com
hdmessa.files.wordpress.com

Gurun Arabia menempati sebagian besar semenanjung Arab, dan memiliki luas sekitar 9.000.000 km². Gurun ini terbentang dari Yaman sampai Teluk Persia dan dari Oman sampai Irak.

4. Gurun Gobi

Gurun Gobi yang berada di China
wikimedia.org

Gurun Gobi merupakan sebuah kawasan gurun yang sangat besar di negara China dan terdapat di bagian selatan Mongolia. Gurun ini memiliki luas sekitar 1.300.000 km². Gurun Gobi terdiri dari beberapa kawasan geografis serta ekologis yang unik, karena didasarkan pada perbedaan iklim dan topografi. Cekungan padang pasir Gobi dibatasi oleh dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya, sedangkan di sebelah utara dibatasi oleh pegunungan Altai serta padang rumput Mongolia, dan di sebelah tenggara oleh dataran Cina utara.

5. Gurun Kalahari

Gurun Kalahari, salah saty gurun terluas di dunia
wikimedia.org

Gurun kaharai terdapat di bagian selatan Afrika yang meilputi sebagian besar Bostwana dan beberapa bagian dari Afrika selatan serta Namibia. Gurun ini memilik luas sekitar 900.000 km². Gurun Kahari merupakan semi gu run dengan bagian kering dan suka terdapat padang rumput seleh terjadinya hujan. Curah hujan di gurun ini mencapai 3-7 inchi per tahun.

6. Gurun Patagonia

Gurun Patagonia di Amerika
sxume.net.in

Gurun Patagonia juga dikenal dengan nama Stepa Patagonia. Gurun ini merupakan gurun yang terbesar di Amerika dan memiliki luas sekitar 637.000 km².

7. Gurun Great Victoria

Gurun Great Victoria salah satu gurun terluas di dunia
flivkr.com

Great Victoria merupakan gurun terbesar di Australia dan terdiri dari banyak sandhill kecil, danau garam, serta dataran padang rumput. Gurun ini memiliki luas sekitar 424.400 km². Suhu siang hari di gurun ini berkisar 32°-40°C atau 90°-104°F, sementara jika di musim dingin suhunya mencapai  18°-23°C atau 64°-73°F.

8. Gurun Thar

Gurun Thart salah satu gurun terluas di dunia.
ivarhagendoorn.com

Gurun Thar atau yang sering disebut juga dengan Gurun Besar India, merupakan sebuah daratan kering di bagian barat laut anak negara India. Gurun ini memiliki luas sekitar 200.000 km² dan menjadi salah satu padang pasir subtropis terbesar di dunia.

9. Gurun Syria

gurun Syiria salah satu gurun terluas di dunia.
citydesert.wordpress.com

Gurun Syria yang dikenal juga dengan sebutan gurun Siro Arab memiliki luas sekitar 520.000 km², merupakan kombinasi dari padang dan gurun sejati yang terlatak di utara semenanjung arab. Gurun ini jug bagian dari Al-Hammad, yang mencakup Arab Saudi, Irak, Suriah, dan Yordania.

10. Gurun Taklamakan

Gurun Taklamakan salah satu Gurun terbesar di dunia.
natureflip.com

Gurun Taklamakan yang dikenal juga dengan taklimakan, merupakan sebuah gurun yang terdapat di Asia Tengah. Tepatnya di daerah otonomi Xinjiang, Uyghur, China. Gurun ini memiliki luas sekitar  480.000 km².

Demikian ulasan mengenai gurun yang terluas di dunia, barangkali menjelajahi Gurun bisa menjadikan alternatif tempat wisata yang menantang. Namun jika kamu bukan tipe penjelajah, kamu pin bisa mencoba mengunjungi danau-danau terindah di dunia sebagai alternatif wisatamu.

Leave a Comment